BERITA

Master Class Diplomasi dan Hubungan Internasional bersama Dr. Abdul Wahid Maktub


05 Mar 2018

Yogyakarta - Pada tanggal 3 Maret 2018, bertempat di ruang Cinema Universitas AMIKOM, diselenggarakan agenda kuliah umum bertemakan "Master Class Diplomasi dan Hubungan Internasional" bersama Dr. Abdul Wahid Maktub, staf khusus Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi.

Agenda acara ini adalah pemaparan tentang Revolusi Industri ke-empat dihadapan para peserta kuliah umum dan sebagian besar mahasiswa dan dosen Program Studi Hubungan Internasional Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Dalam presentasinya, Bapak Dr. Abdul Wahid Maktub menyatakan bahwa era revolusi industri terus berubah dari abad ke abad. Masing-masing abad mencirikan karakter yang berbeda. Pada abad ke-18, zaman dicirikan oleh kemampuan manusia menciptakan mesin, kemudian dilanjutkan awal abd ke-20, dicirikan oleh kemampuan mesin untuk menghasilkan mesin, pertengahan abad ke-20, mesin membantu manusia dalam berbagai aktivitas dan pada abad ke-21, mesin mulai menggantikan berbagai aktivitas manusia.

Perubahan-perubahan ini menjadi tantangan baru bagi masyarakat internasional dan diperlukan penguatan diplomasi sebagai instrumen untuk mencapai kerjasama internasional yang lebih baik. Acara ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta, Prof. Suyanto, MM dan sejumlah tamu penting lainnya.